Pengakuan Iman Rasuli (Latin: Symbolum Apostolorum atau Symbolum
Apostolicum), kadang disebut Kredo Rasuli atau Kredo Para Rasul, adalah
salah satu dari kredo yang secara luas diterima dan diakui oleh
Gereja-gereja Kristen, khususnya Gereja-gereja yang berakar dalam
tradisi Barat. Di kalangan Gereja Katolik Roma, kredo ini disebut
Syahadat Para Rasul.
Menurut Katekismus Heidelberg, Pengakuan Iman Rasuli terbagi atas tiga
bagian utama yaitu pertama mengenai Allah Bapa dan penciptaan kita. Yang
kedua mengenai Allah Anak dan penebusan kita. Yang ketiga mengenai
Allah Roh Kudus dan pengudusan kita
Asal-Usul
Menurut legenda, para rasul (murid-murid Yesus) sendirilah yang menulis
kredo ini pada hari ke-10 (Hari Pentakosta) setelah kenaikan Yesus
Kristus ke sorga. Karena isinya mengandung 12 butir, ada keyakinan bahwa
masing-masing murid Yesus menuliskan satu pernyataan di bawah bimbingan
Roh Kudus. Namun, sebagian sejarahwan berpendapat bahwa kredo ini
berasal dari Gaul, Prancis, pada abad ke-5.
Bukti historis konkret yang tertua tentang keberadaan kredo ini adalah
sepucuk surat dari Konsili Milano (390 M) kepada Paus Siricius yang
bunyinya demikian:
"Bila engkau tidak memuji ajaran-ajaran para imam ... biarlah
pujian itu setidak-tidaknya diberikan kepada Symbolum Apostolorum yang
selalu dilestarikan oleh Gereja Roma dan akan tetap dipertahankan agar
tidak dilanggar."
Kredo ini paling banyak digunakan dalam ibadah orang-orang Kristen di Barat.
Kredo ini adalah rumusan ajaran dasar Gereja perdana, yang dibuat
berdasarkan amanat agung Yesus untuk menjadikan segala bangsa muridnya,
membaptiskan mereka dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus (Matius
28:18-20). Karena itu, dari kredo ini kelihatan bahwa doktrin sentralnya
adalah Tritunggal dan Allah sang Pencipta.
Pada masa ketika kebanyakan umat Kristen masih buta huruf, pengulangan
secara lisan Pengakuan Iman Rasul ini seiring dengan Doa Bapa Kami dan
Sepuluh Perintah Tuhan (Dasa Titah) membantu melestarikan dan
menyebarkan iman Kristiani dari gereja-gereja Barat. Pengakuan Iman
Rasul tidak memiliki peran di Gereja Ortodoks Timur.
Versi tertulis yang paling awal kemungkinan adalah Kredo Tanya Jawab
Hipolitus (sekitar 215 M). Versi yang sekarang pertama kali ditemukan di
dalam tulisan-tulisan Caesarius dari Arles (wafat 542). Pengakuan Iman
Rasul ini rupanya digunakan sebagai ringkasan ajaran Kristen untuk
calon-calon baptisan di gereja-gereja Roma. Oleh karena itu dikenal juga
sebagai Symbolum Romanum (Roman Symbol). Dalam versi Hipolitus,
Pengakuan Iman ini diberikan dalam bentuk tanya jawab dengan calon
baptisan yang kemudian mengakui bahwa mereka percaya tiap pernyataan.
B Makna Pengakuan Iman Rasuli
Aku percaya kepada Allah,
Bapa yang mahakuasa,
Khalik langit dan bumi.
Dan kepada Yesus Kristus,
AnakNya yang tunggal, Tuhan kita,
yang dikandung daripada Roh Kudus,
lahir dari anakdara Maria,
yang menderita di bawah pemerintahan Pontius Pilatus,
disalibkan, mati dan dikuburkan,
turun ke dalam kerajaan maut,
pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati,
naik ke sorga,
duduk di sebelah kanan Allah, Bapa yang mahakuasa,
dan akan datang dari sana
untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.
Aku percaya kepada Roh Kudus;
gereja yang kudus dan am;
persekutuan orang kudus;
pengampunan dosa;
kebangkitan daging;
dan hidup yang kekal. Amin.
1. Aku percaya kepada allah, Bapa yang maha kuasa Khalik langit dan bumi.
( menyatakan bahwa kita mempercayai Allah sang pencipta dan kita
memiliki hubungan perjanjian dan persekutuan denganNYa dalam kepercayaan
yang sejati dan ketergantungan denganNYA secara kekal )
2. Dan kepada Yesus Kristus, anakNya yang tunggal Tuhan kita
(Pengakuan tentang Yesus Kristus ini adalh pusat dari inti iman kristen.
Yesus Kristus adalah penyataan Allah, sumber segala kebenaran dan
sebagai sentral keselamatan manusia)
3. Yang di kandung dari Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria
(Pengakuan ini menjelaskan bahwa Yesus Kristus memasuki dunia melalui
kelahiran dari anak dara yang adalah manusia sejati, Ia tidak memiliki
dosa asal ; kemanusiaanNya, tindakan, sikap, motivasi, kehendak, dan
pikiranNya bebas dari dosa dan kesalahan. Yesus juga adalah penggenapan
janji Allah dan nubuatan PL ( Yes 7 : 14;9:5 bandingkan dg Mat 1:1-25 ))
4. Yang menderita sengsara di bawah pemeritahan Pontius Pilatus, disalibkan , mati dan dikuburkan, turun kedalam kerajaan maut
( Untuk menyatakan bahwa Tuhan Yesus benar2 mengalami kematian, menanggung penderitaan yang disebabkan dosa orang lain)
5.Pada hari yang ketiga, bangkit pula dari antara orang mati
( Pengakuan ini untuk mengkonfirmasikan bahwa kebangkitan Kristus adalah
murni fakta sejarah. Pada hari ketiga kubur Yesus didapati kosong,
tidak seorangpun dapat menemukan jasadNya )
6. Naik ke sorga, duduk di sebelah kanan Allah , Bapa yang maha kuasa
( Bagian ini untuk menyatakan kehormatan, otoritas dan kemuliaan
Kristus. Saat ini Kristus Yesus bertahta sebagai Raja yang memerintah
dan juga memegang jabatan kenabian sebagai pengajar kebenaran melalui
karya Roh kudus (Ibrani 1:3;1:13))
7. Dan dari sana Ia akan datang untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati
(Menyatakan iman akan kedatangan Yesus untuk kedua kali sebagai raja dan
Hakim yang akan mengadili setiap orang dan menganugerahkan keselamatan
bagi setiap orang yang percaya dalam namaNYa )
8. Aku percaya kepada Roh Kudus
(Roh Kudus adalah pribadi ketiga dari Allah tritunggal, kita mengakui
bahwa Roh kudus setara dengan Allah Bapa dan Allah Anak, sama2 mulia dan
layak di sembah. Roh kudus adalah pribadi yang dinyatakan Allah di
dalam melaksanakan anugerah keselamatan)
9. Gereja yang Am dan persekutuan orang kudus
( Gereja adalah " Gereja orang2 berdosa " sehingga dapat di pastikan
"tidak kudus", jika dalam pengakuan iman ini disebutkan gereja yang
kudus, semata2 adalah karena anugerah Allah dan karya Kristus yang telah
di nyatakan ditengah2 gereja. Gereja di katakan "Am" artinya "umum"
karena yesus Kristus adalah juruselamat untuk dunia dan seluruh dunia.
Dan gereja perlu oergi meberitakan Injil dan mengutamakan persekutuan
sebagai anggota tubuh Kristus )
10. Pengampunan Dosa
(Penumpahan darah Kristus menjadi jaminan pengahpusan dosa )
11. Kebangkitan tubuh
( kebangkita ini bukanlah kebangkita daging yang bersifat fana, atau
kebangkitan abstrak, tetapi serpti yang di alami Yesus Kristus sebagai
yang sulung di antara orang2 yang meninggal (1 Kor 15:20))
12. Dan hidup yang kekal, Amin.
( Menyatakan iman dan pengharapan akan kehidupan yang akan datang )
"Percayalah pada Tuhan, Ia selalu bekerja"
pak, itu ada kesalahan itu pak '1. Aku percaya kepada allah, Bapa yang maha kuasa Khalik langit dan bumi.'ini apa maksudnya pak dibagian Allah kenapa itu huruf kecil ?
ReplyDeleteBingung gue, pertama Allah penciptanya bumi dan langit, tapi yg dsembah yesus -_-"
ReplyDeleteIyalah, kau Islam apa yang kau tau woi?
DeleteHadeh
DeleteDahlah, kau gak paham jadi mending jangan komen
ReplyDelete