Thursday, 30 January 2014

Sebuah Refleksi Tentang Hikmat Salib 1 Korintus 1:10-18

Tentang Hikmat Salib; di 1 Korintus 1, 10-18
                                                       Oleh : Gr Absalom Castle Sianipar
 
Pemimpin Selebritis ala Korintus Pasal pertama dari surat rasul Paulus yang pertama kepada jemaat Korintus memberitahu kita bahwa gereja yang dimulai oleh pelayanan rasul Paulus dalam perjalanan misinya (lihat Kisah 18) sedang mengalami perpecahan. Membaca tentang perpecahan dalam jemaat mungkin tidak terlalu mengejutkan bagi kita orang Kristen yang hidup di abad ke-21. Itu hal yang biasa, normal, dan terus terjadi sampai hari ini. Yang sering luput dari perhatian kita adalah faktor penyebabnya. Mengapa perpecahan tersebut terjadi? Bukan karena pengaruh sekuler dari luar gereja (meskipun gereja tersebut terletak di kota Korintus yang dilukiskan dengan tepat oleh seorang komentator Alkitab sebagai "the most populated, wealthy, commercial-minded and sex-obsessed city of Eastern Europe"). Meski gereja Korintus sarat diwarnai oleh multikulturalisme, filsafat sekuler, imoralitas, dan materialisme, bukan itu yang menjadi penyebab perpecahan. Faktor penyebabnya juga bukan perbedaan teologis atau pengajaran yang bersifat doktrinal. Memang seringkali alasan ini dijadikan 'kambing-hitam' yang melegitimasi perpecahan gereja sampai-sampai seakan timbul persepsi bahwa perpecahan gereja secara absolut dapat dibenarkan apabila alasannya adalah perbedaan teologis. Yang menjadi penyebab perpecahan adalah pengkultusan individu-individu pemimpin atau personality cult: Jemaat tercerai-berai dalam golongan dengan label-label nama figur idola mereka: Paulus, Apolos, Kefas, dan Kristus. Paulus adalah pendiri gereja Korintus, bapak rohani yang membawa mayoritas individu kepada Kristus. Jadi wajar kalau ada orang-orang yang lalu menganggap dia sebagai tokoh terpenting yang perkataannya harus ditaati. Apalagi dia adalah seorang intellectual giant dalam pengajaran doktrinal. Apolos adalah pengajar Alkitab dengan kemampuan ekspositori Perjanjian Lama dan teknik orasi yang sangat efektif (lihat Kisah 18:24-19:7). Alumni 'universitas' di Aleksandria ini mungkin memiliki intelektual yang sama dengan Paulus yang adalah alumni 'universitas' di Tarsus, namun teknik komunikasi massa-nya lebih hebat dibanding Paulus (band 2 Kor 10:10). Tidaklah mengherankan kalau kemudian terbentuk semacam elit intelektual di jemaat Korintus yang sangat mengagumi jagoan apologetika mereka ini. Kefas atau Petrus adalah rasul yang dipanggil Allah untuk mengabarkan Injil pada orang-orang yang bersunat, sedangkan Paulus pada orang-orang yang tidak bersunat (Gal 2:7). Fakta ini menjadi potensi penyebab sekelompok orang-orang Yahudi lalu membentuk "The Kefas Club" Tidak ketinggalan adalah orang-orang yang menganggap bahwa mereka tidak perlu pemimpin samasekali. Ironisnya, orang-orang ini lalu membentuk kelompok sendiri dan menyatakan diri sebagai kelompok Kristus. Sama halnya hari ini kita mengenal denominasi Church of Christ, The Church of Jesus Christ of Latter Day Saints, Disciples of Christ, dan lain sebagainya. Dan tidak perlu terkejut kalau hari ini kita memiliki gereja Lutheran, Wesleyan, Mennonite, dan seterusnya. Rasanya kurang etis kalau menyebutkan nama-nama pemimpin Kristen yang hari ini diikuti oleh ribuan bahkan ratusan ribu massa. Namun mereka eksis hari ini dalam berbagai kultur, apalagi dalam kultur Indonesia yang sangat paternalistik. Mereka telah ada, masih ada, dan akan senantiasa ada. Kristus, Bukan Manusia Paulus menekankan bahwa perpecahan di Korintus terjadi karena mereka telah mengalihkan fokus perhatian mereka dari Kristus. Ketika pemimpin manusiawi dijadikan objek penyembahan dan dikondisikan untuk memegang pusat kontrol kuasa, maka Kristus digeser dari tempatNya. Memang manusia lebih mudah berinteraksi dengan sesuatu yang tangible, yang dapat dilihat, ketimbang sesuatu yang intangible. Jadi yang tidak nampak dimata kemudian sering diganti dengan sesuatu yang lebih riil. Allah diganti dengan lembu emas. Kristus diganti dengan pemimpin manusia. Tentu ini tidak diakui secara verbal, namun nampak jelas dalam praktika. Bagaimanakah kita harus memperlakukan pemimpin kita? Paulus bertanya "Jadi, apakah Apolos? Apakah Paulus?" (yang menarik, dia tidak menulis "siapakah Apolos? siapakah Paulus?") dalam 1 Korintus 3:5. Paulus mengajukan retorikanya: Kamu pikir kami ini apa sih? Manusia super semi-malaikat? Pemimpin-selebritis? Berhala modern? Salah! Kami adalah pelayan. Tidak lebih dari itu. Memang ada otoritas yang Allah berikan kepada para pemimpin yang Ia panggil. Memang umat harus menghormati dan mentaati para pemimpin yang Allah telah tetapkan. Namun tekanan seorang pemimpin Kristen bukan pada otoritas atau statusnya, namun kepada kerendahan hati dan tanggung jawab seorang pelayan kepada tuannya. Paulus mengajarkan bahwa baik dia maupun Apolos (yang lebih hebat dari dia sekalipun) adalah diakonos, pelayan meja yang menunggu instruksi dari Tuhan untuk melayani jemaat. Memang fungsi pelayanan mereka sangat penting, namun mereka tidak lebih dari alat yang samasekali tidak berguna tanpa Allah bekerja melalui mereka. Tentu pengajaran Paulus diatas tidak akan laku hari ini dalam seminar-seminar dan pelatihan-pelatihan kepemimpinan yang menekankan image management: sell yourself high and speak highly of yourself! Yang jelas, alkitab mengajarkan dan sejarah telah membuktikan bahwa pengkultusan individu pemimpin bukan saja tidak sehat, namun berbahaya bagi keberlangsungan sebuah komunitas di berbagai level. Pengamsal mengatakan bahwa orang yang menolak ajaran Tuhan adalah orang bebal. Demikian juga orang yang tidak pernah belajar dari sejarah dan terus-menerus mengulangi kesalahan yang sama. Yang paling bebal adalah orang yang cuek terhadap keduanya.amin


Jamita Minggu IV dung Epiphanias Mika 6:1-8



Jamita Minggu IV dung Epiphanias 
di HKBP Distrik IX Sibolga-Tapteng-Nias,  02 Pebruari 2014
“Mangulahon Uhum, Habasaon dohot Haserepon”
Mika 6:1-8
Oleh : Rukun Hutagalung 


 
I.   Patujolo
Krisis Politik, sosial, ekonomi dohot Haporseaon (Iman) manghungkupi bangso Juda uju ginonggoman ni si Jotam, Ahas, dohot si Hiskia, gabe lam lumlam ma nang hasadaon ni bangso i, na pogos lam marpogos na lea lam marlea, alai sai dipukpuhi do patupa pelean situtungon tu Debata laho patupa hasesaan ni dosa atik pe parange nasida ndang mansohot sian hasomalan nasida ima na sai mangulahon nahinagigihon ni Debata, najumorbut dope sahat tu na mamelehon anak buhabajuna pe sanggup do nasida alai pangalaho tong sai manimbil sian lomo ni roha ni Debata. Tarhirim Debata dihamubaon ni roha ni Bangso i, gabe tumpol ma dihatahon Debata hirim ni rohaNai tu Bangso i, pola disuru naposoNa si Mika laho manurirangi/saksi tu nasida asa dipaandar angka dia ma na jat na niula ni Bangso i dohot na denggan na binahen ni Debata naung jinalo ni Bangso i. Jempek dohonon tona ni Debata tu nasida ima: “asa diulahon ma uhum dohot holong ni roha di habasaon, jala marpangalaho haserepon maradophon Debata”, holan ido hirim ni rohaNa sian Bangso hinaholonganNa i.
II. Hatorangan ni Turpuk
Ayat 1-2: “Masipatumpolan”. Dipungka Debata do sidang bolon maradophon Bangso Jehuda asa tung tangkas ditangihon jala dihatindanghon angka dolok angka pambahenan ni Debata tu nasida (Hesekiel 6:2-3), masitariasan do Debata dohot Bangso i patar songon indahan di balanga, soada na buni/hungkup di parkaro i, tung tedek do sude, alai dung masipatumpolan  nasida gabe patar ma hajahaton ni angka Panggomgomi ni Bangso i na sai manghagigihon hasintongan i dohot na sai papeolpeol uhum tu angka na pogos (bindu 3), “si miskin tetap bersalah” hira ima na masa di Bangso i gabe porsuk diahab nasida.
Ayat 3-5: “Nadenggan na binahen ni Debata”. Sejarah membuktikan, ndang adong na asing na paruarhon Bangso i sian parhatobanan Misir asing sian Debata sandiri (2 Musa. 12:31-42) marhite napinabangkitNa naposoNa si Musa, si Aron (2 Musa.7:1) dohot si Miriam (2 Musa 15:20-21), jala saleleng di halongonan Bangso i digohi do nasidaa marhite sipanganon dohot siinumon hombar tu tingkina, tung tangkas do auga nasida i dipaneang Debata.
Ayat 6-7: “Pertobatan yang Semu”. Sadar do Bangso i ujungna di angka na denggan na binahen ni Debata tu nasida, diparhatutu do pangalaho nasida na sai maralo tu lomo ni roha ni Debata, jala diokui nasida do na olo Debata marpangulahi mida pangalaho nasida i, gabe diparhatopot nasida ma pangalaho nasida di adopan ni Debata marhite na pasahathon Pelean  Parsombaon situtungon, mamelehon na ummarga di nasida tu adopan ni Debata marhitehite anak ni lombu, hambing na pinamokmok marriburibu hape ndang dijakhon Debata (Jesaya 1:11), miak na marloksa-loksa dohot anak buha baju, hape ndada i na pinagido ni Debata sian nasida, jala ndada pelean sisongoni laho tuhor ni nasa dosa niula nasida.
Ayat 8: “Mangulahon uhum dohot holong ni roha”. Sian saluhut pelan napinasahat ni Bangso i tu Debata dipanolsolionna ala dosana ndada apala pelean hambing tunggal na marriburibu (1 Samuel 15:22) alai naeng ma Bangso i mangulahon uhum, hasabamon  dohot haserepon ni roha, jala saluhut  Pelean  na ummangur di adopan ni Debata ima na mangulahon holong ni roha di bagasan hasintongan dohot hatigoran, ai  Holong ni roha i do godangan manghungkupi  angka dosa (1 Petrus 4:8), jala holong ni rohaido naumbalga sian haporseaon dahot panghirimon (1 Kor.13:13), nang parbue ni Tondi pe Holong ni roha i do patuduhononna (Gal.5:22).
III.Sipahusorhusoron
Hajongjonghon ma na denggan na binahen ni Debata dohot hatigoranNa marhite na mangulahon uhum dohot hasintongan dibagasan holong ni roha maradophon halak saluhut, jala hangoluhon hasabamon, hasatiaon  dohot haserepon ni roha dibagasan Kristus Jesus.                                                                              DMpoenyaMdsT            

Khotbah Minggu IV Setelah Ephipanias , Mika 6:1-8, 2 Februari 2014

Renungan Minggu IV Dung Ephipanias: Ev. Mikha 6:1-8
Oleh : Sabar Siahaan





Nas ini adalah gambaran pengadilan Tuhan terhadap umat-Nya. Dimulai dengan seruan Tuhan pada orang-orang untuk mendengar perkataan-Nya serta mempersiapkan pembelaan mereka terhadap tuduhan yang akan disampaikan (ayat 1-2). Mikha menggambarkan gunung-gunung Israel, saksi-saksi abadi sejarah penebusan umat Tuhan, sebagai hakim-hakim yang akan mendengarkan pengaduan Tuhan melawan Israel. Tuhan mengingatkan mereka betapa Ia telah membela, menolong, dan melindungi umat-Nya. Ia tidak pernah membebani atau melakukan kejahatan kepada orang Israel. Pertanyaan Tuhan kepada umat-Nya dapat diungkapkan bahwaTuhan akan mengangkat seluruh beban umat-Nya, sebab Ia yang membebaskan, membimbing, melindungi, dan mengajar umat-Nya. Itulah yang dilakukan Tuhan terhadap Israel. Tuhan telah menebus Israel dari tanah perbudakan. Ia telah memberikan kepada mereka pemimpin besar seperti Musa, Harun, dan Miryam. Ia juga telah melindungi mereka dari serangan musuh-musuhnya dan menuntun mereka melewati padang belantara menuju tanah perjanjian (ayat 3-5).
Tidak dapatkah mereka belajar dari pengalaman itu tentang keadilan Tuhan! Jalan manusia bisa saja bengkok, namun dalam sejarah manusia, TUHAN menunjukkan kesetiaan perjanjian-Nya dalam jalan-Nya yang "lurus". Karya itu disebut "adil" oleh karena dilakukan Tuhan berdasarkan perjanjian dengan umat-Nya. Perjanjian itu sendiri berdasarkan prakarsa Tuhan sendiri, sehingga perbuatan “keadilan" itu merupakan kasih karunia belaka.

Apa yang Tuhan tuntut dari umat-Nya! Mikha berperan sebagai Israel, menggunakan sebuah sindiran untuk menyimpulkan apa yang Israel rela lakukan bagi-Nya yaitu korban bakaran, ribuan domba jantan, bahkan seperti pengikut agama-agama kafir mereka rela mempersembahkan anak-anak sulung mereka. Mereka menawarkan persembahan korban sebagai keinginan untuk berdamai dengan Tuhan (ayat 6-7), yaitu sebagai pengganti dosa mereka.

Bangsa Israel meresponi kasih Tuhan dengan melakukan agama lahiriah dan ritual agama yang kosong. Tetapi, Mikha menjawab mereka bahwa Tuhan tidak menuntut anak-anak mereka untuk dipersembahkan. Tuhan sudah memberitahukan kepada umat-Nya apa yang baik yang Ia kehendaki, yaitu berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan -Nya (ayat 8). Kebajikan itu bukan suatu pandangan hidup belaka, namun merupakan nilai-nilai moral yang praktis. Sebab Tuhan menginginkan kita bertidak, yaitu dengan berlaku adil; mengasihi, yaitu mencintai kesetiaan; dan kerja sama, yaitu hidup dengan rendah hati di hadapan Tuhan.

Sangat kontras bila dibandingkan dengan berhala-berhala yang disembah orang Israel, yang menuntut korban persembahan yang sangat mahal, yaitu anak-anak mereka. Tetapi yang Tuhan minta adalah ketaatan dan kerendahan hati dihadapanNya. Sesuatu yang memberikan dampak yang baik bagi hidup bangsa Israel sendiri, tetapi yang malah tidak mereka lakukan.
Kita sama seperti umat Israel, yang tidak mampu untuk memilih ketaatan dan kebenaran, yaitu dengan berlaku adil, setia dan rendah hati, sekalipun kita telah menerima berkat Tuhan sedemikian banyak. Kenapa? Karena kita semua sudah jatuh ke dalam dosa. Dosa identik dengan kematian (Rm 6:23). Orang mati tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri. Jadi, harus Tuhan sendiri yang datang menyelamatkan, barulah kita bisa memiliki kemampuan untuk taat kepada-Nya.

Sama seperti bagi orang Israel, akan datang waktunya bagi kita untuk duduk di kursi pengadilan Tuhan dan mendengarkan dakwaan atas dosa yang telah kita lakukan. Kabar baiknya adalah Yesus sudah datang sebagai Pembela. Ia menanggung hukuman atas dosa kita. Karena, kematian Yesus di kayu salib telah menghapus kewajiban mempersembahkan korban sembelihan.

Kita beriman kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, dengan menghadiri kebaktian di gereja dengan setia, memberi persembahan, membaca Alkitab, dan berdoa. Tetapi kita juga harus waspada agar kegiatan yang baik ini tidak merosot menjadi kebiasaan belaka, namun kegiatan beragama itu harus disertai dengan cara hidup yang ditandai dengan keadilan, kesetiaan dan kerendahan hati di hadapan Tuhan.

Tuhan menginginkan kita meresponi-Nya dengan melakukan tiga kebajikan, yaitu :
1. Berlaku adil meliputi keadilan dalam berhubungan dengan sesama. Ada sesuatu dalam diri kita yang merindukan keadilan bagi orang lain serta bagi diri kita sendiri. Namun hanya ada satu aspek keadilan yang sepenuhnya berada di bawah kendali kita, yakni perlakuan kita terhadap orang lain. Sehingga, sebagai orang Kristen, kita mempunyai slogan hidup , yaitu “biarlah keadilan kutegakkan” dan bukannya menuntut “tegakkan keadilan bagiku”.
2. Mencintai kesetiaan adalah mengasihi dan memotivasi seseorang untuk memperhatikan kebutuhan orang lain dan menolongnya, sebab orang-orang yang berjalan di jalan Tuhan, tidak menutup mata akan kebutuhan orang lain.
3. Kerendahan hati di hadapan-Nya berarti senantiasa menyerahkan kehendaknya dengan sukacita dibawah kehendak Tuhan. Kita harus menjadi orang yang hidup dengan rendah hati di hadapan Tuhan, yang rindu menunjukkan kesetiaan, dan menegakkan keadilan demi Tuhan. Sebab, ada orang mencoba menjadi baik tanpa mengenal Tuhan. Tetapi juga tidak benar bila kita berkata bahwa kita mengenal Tuhan, padahal kita tidak berbuat baik. Jadi, kita bebuat baik, karena kita sudah menerima kebaikan Tuhan.